Tips Merawat Motor Baru

By | April 6, 2020
Spread the love

Kendaraan itu adalah salah satu hal yang sangat penting bagi banyak orang, karena itu bisa membantu kegiatan kita jadi lebih mudah. Kita bisa bepergian dengan mudah mulai dari bekerja, berbelanja, dan banyak kegiatan lain yang bisa terbantu. Jarak bukan menjadi penghalang apabila kita memiliki kendaraan, dan kendaraan seperti motor itu harus dirawat supaya bisa digunakan dengan nyaman. Motor yang tidak terawat akan menyebabkan adanya kerusakan dan mungkin saja nantinya motor jadi tidak bisa dipergunakan lagi. Karena itulah kita harus merawat motor dengan baik mulai dari baru, berikut kami bagikan tips.

Merawat Mesin Motor

Salah satu bagian yang paling penting dari motor itu adalah mesin, ini adalah jantung dari motor yang membuat motor itu bisa hidup. Kalau mesin mengalami masalah, maka motor tidak akan bisa hidup dan mungkin tidak bisa digunakan lagi untuk bepergian. Kalaupun ada masalah kecil pun akan sangat berpengaruh pada performa motor dan mungkin beberapa bagian jadi tidak berfungsi. Oleh karena itulah sangat penting sekali untuk bisa merawat mesin dengan sebaik mungkin supaya tetap dalam performa yang optimal. Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana sih tata cara merawat mesin motor.

  1. Rutin Mengganti Oli

Pertama-tama kita itu harus secara rutin mengganti oli yang ada pada mesin motor kita supaya tetap dalam kondisi baik. Oli itu seperti darah pada mesin, apabila oli sudah terlalu kotor atau sudah tidak dalam kondisi baik maka berpengaruh pada mesin. Bisa jadi mesin akan bekerja secara kasar dan mungkin akan berpengaruh juga pada beberapa part mesin yang mungkin bisa rusak. Jadi penggantian oli secara rutin dan berkala itu memang menjadi satu poin penting dalam perawatan mesin kendaraan kita. Sebisa mungkin satu bulan sekali melakukan penggantian mesin.

  1. Rutin Memanaskan Mesin

Lalu yang kedua adalah secara rutin memanaskan mesin motor, agar supaya setiap bagian mesin tetap bekerja dengan baik. Memanaskan mesin juga akan menjaga busi dalam keadaan yang tetap prima dan baik untuk dipergunakan mengaktifkan mesin motor. Jadi meskipun mungkin kendaraan motor kalian jarang digunakan, kalian tetap harus secara rutin memanaskan mesin. Karena kalau mesin dalam kondisi lama tidak menyala, maka distribusi oleh di setiap mesin pun sudah berkurang. Dan busi pun bisa jadi sudah lemah, jadi kita harus tetap memanaskan mesin motor.

  1. Service Secara Berkala

Hal ketiga yang harus dilakukan dalam rangka merawat mesin motor adalah dengan melakukan service secara berkala ya. Yang namanya motor itu pasti ada sisa pembakaran yang menyebabkan beberapa bagian motor itu kotor. Seperti misalnya filter pada motor yang bisa jadi sudah sangat kotor karena sisa pembakaran yang tidak sempurna pada mesin. Nah kotoran itu bisa menyumbat mesin bekerja dan mungkin akan menyebabkan kinerja motor berkurang dan menyebabkan beberapa part rusak. Jadi sebisa mungkin lakukan service rutin seperti 2 bulan sekali misalnya.

  1. Mengganti Part Yang Sudah Rusak

Hal terakhir adalah mengganti sparepart dari mesin yang mungkin mengalami kerusakan karena umur dari part tersebut. Meskipun kita sudah merawat motor, tetap saja ada bagian yang akan rusak seiring berjalannya waktu. Itulah pentingnya service berkala, itu akan membuat kita tahu adanya part yang mungkin sudah rusak pada mesin kita. Satu part rusak bisa jadi berpengaruh pada part lain, sehingga kalau ada kerusakan itu harus segera diganti ya. Itu agar supaya mesin jadi lebih awet dan tetap bisa digunakan dengan nyaman juga.

Rutin Mencuci Motor

Tips terakhir dalam merawat motor adalah menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor secara berkala atau dalam keadaan kotor. Apabila motor kotor terkena debu ataupun cipratan air, bisa jadi akan berpengaruh juga pada mesin dan juga tidak enak dipandang. Bisa jadi bodi motor pun jadi lebih mudah pecah kalau banyak debu menempel dalam waktu yang lama. Karena itulah harus sering mencuci motor agar motor jadi jauh lebih awet.